Minggu, 08 Februari 2009

Harapan

Tema: Harapan Di Masa Depan

Yeremia 29:11
“Sebab Aku ini mengetahui rancangan-rancangan apa yang ada pada-Ku mengenai kamu, demikianlah firman TUHAN yaitu rancangan damai sejahtera dan bukan rancangan kecelakaan, untuk memberikan kepadamu hari depan yang penuh dengan harapan.”

Yeremia 29:11 menginformasikan bahwa mengenai janji masa depan yang penuh dengan harapan ini, diberikan Allah kepada bangsa Israel ketika mereka sedang berada di dalam pembuangan di Babel. Bangsa Israel telah berdosa terhadap Allah sehingga mereka mendapatkan hukuman, di mana kota Yerusalem di hancurkan dan penduduknya di tawan serta dijadikan budak di Babel. Di tengah-tengah penderitaan dan situasi seperti ini, yang tidak ada pengharapan bagi mereka, janji Allah di berikan kepada mereka. Melalui firman Tuhan yang disampaikan nabi Yeremia, Allah ingin menegaskan kepada bangsa Israel bahwa masa depan manusia tidak bergantung kepada kondisi manusia, situasi dunia, melainkan masa depan itu ada di tangan Allah. Hanya Allah yang memiliki kedaulatan untuk mengatur masa depan manusia dan dunia yang penuh dengan harapan.

Berkaitan dengan hal ini, seringkali hidup kita tidak jauh dengan pola fikir bangsa Israel bahwa kondisi dan keadaan dunia saat ini dijadikan acuan dalam melihat masa depan kita. Jika kita berada dalam kondisi baik, sehat, segala kebutuhan terpenuhi, bisnis lancar, perusahaan maju, kesejahteraan karyawan terpenuhi, kita merasa yakin bahwa masa depan akan kita miliki. Namun apabila kita berada dalam kondisi yang sebaliknya, kita akan menjadi pesimis terhadap masa depan kita.
Adakah hari ini, Anda merasa kuatir mengenai masa depan Anda? Kebenaran firman Tuhan pada hari ini memberikan kekuatan dan janji kepada kita bahwa di dalam Tuhan ada masa depan yang penuh dengan harapan. Namun untuk mencapai masa depan yang penuh dengan harapan itu, tentu kita harus berjuang, bekerja keras, tekun, rajin, untuk mendapatkan masa depan yang penuh dengan harapan. Karena tidak ada masa depan yang penuh harapan tanpa perjuangan dan kerja keras. Oleh karena itu marilah kita berjuang, bekerja keras dalam mencapai masa depan yang penuh dengan harapan. Bersama Tuhan, kita bisa mencapai masa depan yang penuh dengan harapan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar